Pages

Senin, 11 Januari 2016

Beberapa Jenis Olahraga Dalam Air

Olahraga apa yang termasuk sebagai olahraga dalam air? Pasti kamu cenderung menjawab olahraga selam alias diving atau kalo nggak gitu snorkeling. Hem, padahal ada banyak olahraga dalam air yang juga populer selain selam. Kali ini Loop akan memberi kamu info tentang jenis-jenis olahraga dalam air. Salah satu di antaranya bahka tergolong sebagai olahraga ekstrim yang memacu adrenalin. Mau tahu apa aja? Simak yang satu ini ya, Looper!

Finswimming

Olahraga dalam air yang pertama adalah finswimming, dimana seseorang diwajibkan untuk berenang menggunakan fin atau sepatu katak dan beradu cepat dengan peserta lain dalam jarak tertentu. Sepatu katak yang bisa digunakan dalam olahraga ini ada dua macam, yakni monofins (dua sepatu menjadi satu bagian) dan bifins (dua sepatu menjadi dua bagian). Ada pun empat teknik yang bisa diterapkan, antara lain Surface Swimming (berenang di permukaan), Apnoea (menyelam dengan satu tarikan nafas), Immersion swimming (menggunakan alat bantu nafas), dan Bi-fins.

Aquathlon (Gulat dalam Air)

Siapa bilang gulat cuma bisa dilakukan di matras? Aquathlon buktinya. Peserta gulat diwajibkan menggunakan masker selam dan fin dalam olahraga ini. Satu peserta dihadapkan dengan satu peserta lain dalam tiga ronde dengan durasi 30 detik. Tugas mereka adalah melepaskan pita yang diikat di pergelangan kaki lawan. Bila selama 3 ronde masih belum ada yang berhasil, maka akan ada ronde tambahan untuk menentukan pemenang.

Hoki dalam Air

Hoki dalam air atau biasa disebut sebgai Octopush di Inggrispada dasarnya hampir sama seperti pertandingan hoki biasa. Perbedaan yang mendasar terletak pada tempat pertandingan serta peralatan yang digunakan. Setiap pemain diwajibkan menggunakan masker dan fin serta diharuskan membawa tongkat hoki khusus berukuran lebih pendek dari tongkat hoki pada umumnya.Para peserta dibedakan menjadi dua tim dengan masing-masing memiliki 6 orang pemain. Tujuan mereka adalah memasukkan puck atau bola hoki ke dalam gawang lawan. Ada pun cabang olahraga ini yang bisa dibilang ekstrim, yakni hoki es dalam air. Bedanya, hoki es dalam air dilakukan di bawah air kolam yang membeku.

Target Shooting dalam air

Selanjutnya adalah target shooting dalam air. Kalo target shooting di darat menggunakan pistol atau panah sebagai alatnya, di bawah air, target shooting dilakukan menggunakan spear gun alias senapan tombak. Keakuratan dalam menembak target serta perhitungan yang tepat adalah kunci memenangkan sebuah pertandingan target shooting dalam air.

0 komentar:

Posting Komentar