Pages

Senin, 11 Januari 2016

Olahraga Ekstrim di Dunia

1. Panjat Tebing
Panjat tebing adalah olahraga yang menuntut fisik dan mental, salah satunya menguji kekuatan pemanjat, daya tahan, kelincahan dan keseimbangan bersama dengan kontrol mental. Ini bisa menjadi olahraga yang berbahaya dan pengetahuan teknik memanjat yang tepat dan penggunaan peralatan pendakian khusus sangat penting untuk penyelesaian yang aman dari rute. Karena berbagai macam dan berbagai formasi batuan di seluruh dunia, panjat tebing telah dipisahkan menjadi beberapa gaya yang berbeda-beda dan sub-disiplin.
2. Street Luging
Merupakan aktivitas extreme yang melibatkan teknik luncur bebas dari papan street luge dari jalan lurus, meluncur dengan kecepatan 70 mil/jam (115 km/jam). Olahraga ini membutuhkan papan modif (terbuat dari bahan besi, kayu, alumunium, atau serat karbon) baju balap dari bahan kulit dan sarung tangan kulit. Resiko yang akan dihadapi apabila berolahraga ini adalah resiko patah tulang apabila memacu kecepatan dengan 115 km/jam dan terhempas di jalanan.
3. Surfing
Big wave surfing adalah olahraga ekstrim yang paling populer di dunia dan merupakan tes kelincahan dan waktu.Disiplin dalam berselancar di mana peselancar berpengalaman mendayung atau bergerak ke gelombang yang tingginya setidaknya 20 kaki (6,2 m) atau lebih. Ukuran ombak dibutuhkan untuk berhasil surfing bervariasi pada suatu gelombang serta teknik surfer digunakan untuk mencapai gelombang tersebut. Sebuah papan yang lebih besar, lebih panjang memungkinkan pengendara untuk mendayung cukup cepat untuk menangkap gelombang dan memiliki keuntungan menjadi lebih stabil, tetapi juga membatasi manuver dan kecepatan berselancar.
4. Ski Salju
Perpaduan antara skating, snowboarding, dan skiing. Dikenal dengan istilah snow bliding/ski bliding. Perlengkapan yang dibutuhkan untuk olahraga ini adalah papan ski yang dimodif, berukuran 80-120 cm, simetrikal, dengan ujung yang kembar, lebih besar dari papan ski dan baju musim dingin. Cedera yang akan ditimbulkan apabila salah dalam teknik bermain ski ini adalah patah tulang kaki.5. Base Jumping
Olahraga yang satu ini menduduki posisi paling atas diantara olahraga paling berbahaya di dunia. Dilaporkan bahwa terjadi 1 kematian untuk setiap 2.317 lompatan. Sebenarnya olahraga ini hampir mirip dengan terjun payung hanya saja waktu pendaratan yang jauh lebih singkat sehingga meningkatkan resiko kegagalan dalam mengembangkan parasut saat mendarat. Pada olahraga BASE Jumping, si atlet yang disebut Jumper melemparkan diri dari salah satu struktur BASE. Kata BASE sendiri banyak diartikan sebagai Building (gedung), Antena (antena), Span(Jembatan) dan Earth(Bumi) yang mengacu pada tebing. Sebelum mendarat, parasut harus membentang dengan sempurna agar pendaratannya bisa aman. Jika parasut tidak membentang dengan sempurna atau gagal, maka resikonya adalah maut.
6. Sandboarding
Merupakan olahraga meluncur di padang pasir, sama dengan snowboarding, tapi medannya bukit pasir yang terjal. Trik yang digunakan pun sama dengan snowboarding. Perlengkapan olahraga ini adalah papan snowboarding, namun kali ini karena di padang pasir, jaket ditiadakan, seperti surfing, dengan kaus dan celana pendek pun bisa. Cedera yang dapat ditimbulkan dari olahraga ini adalah resiko patah tulang dan cedera lutut sama seperti snowboarding, namun kali ini ditambah sesak nafas akibat debu yang masuk ke hidung.
7. Slacklining
Slacklining termasuk hobi yang sangat menantang dan menuntut konsentrasi tinggi. Dalam olahraga ini pemain slacklining diharuskan berjalan di atas seutas tali nilon webbing berukuran 1 inch yang terikat pada kedua sisi poin pancang. Tali nilon webbing sendiri adalah tali yang biasa digunakan pada olahraga panjat tebing.
Olahraga slacklining dapat dilakukan dimanapun. Anda tak harus menyusuri tebing yang terjal atau menyusuri keganasan air terjun. Cukup ikatkan tali pada dua sisi poin pancang yang bisa berupa apapun di sekitar Anda, misalnya, batang pohon, tiang bendera, dan lain-lain. Selanjutnya, Anda juga tak perlu mengikat tali terlalu tinggi. Jadi, aturlah tinggi tali dan sesuaikan dengan kemampuan Anda.
8. Wingsuit Flying
Dalam keterbatasan manusia selalu berupaya membuat inovasi. Manusia sejatinya tidak bisa terbang karena tidak memiliki sayap. Namun, keterbatasan ini tidak menyurutkan orang-orang untuk bisa terbang layaknya burung. Wingsuit Flying adalah olahraga ekstrem dengan menerbangkan tubuh di udara menggunakan wingsuit. Wingsuit sejatinya adalah sayap buatan berupa jumpsuit khusus didesain untuk terbang melayang di udara. Untuk bisa menikmati olahraga ini, para penerbang harus berada pada ketinggian tertentu kemudian terjun bebas dan melayang diudara sambil membentangkan sayap layaknya burung. Olahraga ini hanya diperbolehkan untuk para skydiver yang setidaknya sudah pernah melakukan 200 kali terjun dari udara. 

0 komentar:

Posting Komentar