Pages

Rabu, 12 Februari 2014

Manfaat olahraga angkat beban bagi tubuh by ali musobih





Apakabar sahabat Kabar Olahraga,kali ini saya akan membahas tentang Manfaat Olahraga Angkat Beban Bagi Tubuh sekarang langsung saja ke uraaian lengkap berikut ini.Mengangkat dumbel/barbel adalah olahraga sederhana dengan manfaat yang luar biasa,dengan gerakan yang hanya menaik dan turunkan dumbel bisa membuat badan kita sehat dan kuat tentunya dengan bentuk yang ideal.
Oke,apa yang ada di benak anda ketika pertama kali melakukan angkat beban ? Membentuk tubuh menjadi lebih berotot.Yap,itu hanyalah salah satu manfaat dari angkat beban.Berikut ini adalah manfaat lain dari angkat beban.

Para personal trainer dan dokter kebugaran sepakat,serat tipis yang robek itu akan mempercepat proses pembentukan sintetis protein otot dengan memanfaatkan asam amino.Proses inilah yang nantinya membuat otot kita lebih tahan banting terhadap cidera.Maka sebenarnya,ketika kita rutin latihan angkat beban,secara tidak langsung kita telah membentuk otot menjadi lebih kuat.
Dan secara keseluruhan,tubuh akan merasa jarang sekali cidera karena otot-otot menjadi lebih lentur.Latihan beban juga akan membakar kalori,jadi program penurunan berat badan akan menjadi lebih ringan untuk di lakukan.Dan pada dunia kesehatan olahraga,latihan angkat beban akan menciptakan efek domino bagi tubuh.Efek dominonya adalah :

1.MEMBAKAR LEMAK TUBUH 40 PERSEN LEBIH BANYAK

Ini adalah rahasia terbesar dari program penurunan berat badan.Melakukan latihan angkat beban secara teratur akan membuat program penurunan berat badan berjalan lebih cepat.Ini juga terbukti pada penelitian yang dilakukan Penn State University yang meminta responden dengan kelebihan berat badan untuk melakukan serangkaian percobaan.Mereka diminta untuk mengurangi jumlah kalori  yang dikonsumsi dan dibagi dalam 3 kelompok menurut olahraga yang di berikan.
*Kelompok pertama,tidak melakukan kegiatan apapun
*Kelompok kedua,melakukan aerobik sebanyak 3 hari seminggu
*Kelompok ketiga,melakukan aerobic dan angkat beban 3 hari seminggu.
Hasilnya,semua kelompok mengalami penurunan berat badan dengan rata-rata 9,5 Kg.Tapi kelompok ketiga berhasil membuang 3 Kg lemak ketimbang kelompok pertama dan kedua.Ini sama dengan 40 persen lemak tubuh berhasil di buang.Jadi kalau kita rutin melakukan angkat beban,sebenarnya tak butuh liposuction yang menyakitkan itu.

2.MEMBAKAR KALORI LEBIH BANYAK

Latihan angkat beban akan mempercepat kerja metabolisme tubuh.Sebab ketika kita melakukan latihan tersebut,otot tubuh membutuhkan energy untuk memperbaiki serat-serat otot yang tengah di bentuk.Energi ini di ambil dari tumpukan kalori yang kita kumpulkan saat makan dan tak melakukan pergerakan apapun.

3.BENTUK TUBUH JADI LEBIH INDAH

Penelitian mengungkapkan,saat kita berusia 30-50 tahun,otot akan berkurang sebanyak 10 persen dari dalam tubuh.Jumlah ini akan naik 2 kali lipat saat kita berusia 60 tahun.Dan sialnya otot yang hilang itu diganti dengan tumpukan lemak.Ini adalah hasil penelitian yang di publikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition.
Penelitian itu juga menyebutkan,bahkan orang yang berhasil menjaga berat badanya pada level ideal,tetap akan mengalami masa otot saat memasuki usia 30 tahun.Jumlah otot yang hilang adalah 1,5 Kg dan di ganti dengan 1,5 Kg lemak setiap harinya.Ini tak hanya membuat kita menjadi lebih gemuk tapi juga melebarkan lingkar pinggang.Sebab 0,5 Kg lemak yang tambah di dalam tubuh akan memakan tempat 18 persen dari tubuh.Jadi hindari situasi ini dengan rutin mengangkat beban.

4.TULANG KITA AKAN MENJADI LEBIH KUAT

Sama seperti massa otot,massa tulang kita juga ikut menyusut seiring bertambahnya usia.Dan ketika massa tulang menurun,kita akan beresiko mengalami cedera tubuh,khususnya pinggul.Mayo Clinic mengungkapkan,dalam satu tahun ada sebanya 30 persen laki-laki yang meninggal dunia akibat cedera pinggul.Kabar baiknya,Journal Of Applied Phisicology mengumumkan.Latihan angkat beban selama 16 minggu dapat memadatkan massa tulang pinggul dan meningkatkan level Osteocalcin dalam darah hingga 19 persen.Osteocalcin adalah zat pembentuk tulang.

5.MENJAGA KADAR GULA DARAH

Di temukan pada penelitian yang dilakukan di Australia selama 4 bulan.Secara signifikan responden yang mengalami diabetes tipe 2 dan melakukan latihan angkat beban,berhasil menjaga kadar gula darahnya dalam keadaan stabil.Sebab latihan beban tak hanya membuat tumpukan lemak menghilang tapi juga membuat tubuh lebih sensitif terhadap hormon insulin.Alhasil kadar gula darah tetap stabil.

6.MEMUDAHKAN PROGRAM DIET  

Latihan angkat beban,sebenarnya adalah dosis dobel untuk memprcepat kita sampai pada target penurunan berat badan.Karena di satu sisi,latihan angkat beban membakar lebih banyak kalori.Dan di sisi lain,latihan angkat beban membuat kita fokus pada pola makan seimbang yang kita terapkan.
Ini ditemukan University of Pittsburgh ketika meneliti 169 responden yang kelebihan berat badan.Penelitian selama 2 tahun ini membuktikan ,responden yang mengikuti program diet 3 minggu,mampu setia mengonsumsi 1.500 kalori setiap harinya.Tim penelitian tersebut meyakini,latihan angkat beban membantu mereka memvisualisasikan beban yang harus di buang tubuh jika makan berlebihan.

0 komentar:

Posting Komentar